Senin, 27 Maret 2023

Ngikutin Sanremo 2022 dan Eurovision 2022

Baru kepikiran nulis ini setelah setahun acara Sanremo 2022 dan hampir setahun acara Eurovision 2022. Ngga ada salahnya juga sih, haha. I was so excited last year karena ngikutin acara Sanremo dan Eurovision mulai dari pengumuman nominasi dan grand final. Sekilas di tahun 2022 pun aku merasa jadi perlu menjelajah lebih jauh belajar tentang musik di tiap negara, haha. Memang aku suka mengeksplorasi musik-musik baru, belajar musik dari tiap negara kedengarannya menyenangkan.

Gimana sih kok bisa sampe bersemangat banget ngikutin kedua acara itu? Aku masih ingat kenapanya.

Berawal dari belajar bahasa Italia dari kursus dan lagu, aku menemukan seni yang unik di Italia. Fashionable, ancient, kinship, freedom, and foooood. Dari lagu, aku ngikutin beberapa penyanyi yang aku suka lagunya, albumnya, caranya menyanyi khasnya, keunikannya, bahkan cara mengekspresikannya. Seperti pertama kali disambut lagu Ciclone dari Elodie, Mariah dan Takagi & Ketra pas summer 2020. Love it! Fred de Palma, Fedez, Francesca Michielin, Analisa, Mahmood, Madame, dan masih banyak lagi. Kalo ada waktu buat dengerin lagu sambil ngapai gitu nyari chart lagu Italia di Youtube dan muter muter lagu random hits di tahun 2019-2021 di YT Music. Tahun 2020-2021 akhir itu ngga terlalu kenal sama acara Sanremo atau Eurovision karena banyak acara daring juga jadi udah capek nonton. Cuma tau siapa yang nyanyi, siapa winnernya lol. Måneskin, band rock Italia yang jadi representatif Italia di Eurovision 2021 menang dong, jadi Eurovision 2022 bakal diadain di Italia. Jadi, aku harus nonton nanti, pikirku.

Kebetulan Sanremo 2022 (72º Festival della Canzone Italiana di Sanremo 2022) yang ikut banyak yang aku tau lagunya dan keren-keren astaga! Mahmood, Elisa, Irama, Sangiovanni, Emma, Achille Lauro, Rkomi, Ana Mena, Giusy Ferreri, dan lagu yang jadi momentnya "Brividi", "O forse sei tu", "Ovunque sarai", "Ciao ciao", "Dove si balla", "Virale", "Sei tu", "Domenica","Duecentomila ore".

Aku sempet nyari di website dan vlog apasih Sanremo itu, syaratnya buat ikut gimana, dan ternyata emang harus lagu baru yang diikutsertakan. Aku ngikutin semua acaranya tanggal 1-5 Februari 2022 tapi karena waktunya selisih 6 jam dari sini jadi cuma nonton live-nya di akhir-akhir aja. Tempatnya yang jadi venue tetap di Teatro Ariston (Ariston Theatre), Sanremo, dari tahun 1977.

Aku terharu banget akhirnya Mahmood & Blanco menang sama lagunya "Brividi". Mahmood pernah menang Sanremo 2019 dengan lagu "Soldi" dan jadi runner-up di Eurovision 2019. Di tahun 2022 bisa masuk lagi, wah! Blanco, dia masih baru, tapi udah oke buat kolaborasi dan masuk Sanremo dan Eurovision.

Acara Eurovision atau nama asli programnya Eurovision Song Contest (ESC) adalah acara kompetisi lagu tahunan yang diselenggarakan oleh European Broadcasting Union (EBU), menampilkan peserta yang dipilih oleh penyiar anggota EBU yang mewakili negara-negara dari Eropa dan sekitarnya. Aku baru tau saat itu kalo Australia, Israel juga boleh ikut, bahkan Maroko pernah ikut. Amat disayangkan tahun 2022, Rusia ngga boleh ikut kontes.

ESC 2022 adalah acara ke 66 semenjak ESC diadakan dari tahun 1956. ESC 2022 diselenggarakan oleh EBU dan penyiar tuan rumah (host broadcaster) Radiotelevisione italiana (RAI) di PalaOlimpico/Pala Alpitour, Turin, Italia pada tanggal 10-12 Mei 2022 untuk semi-final dan grand final pada tanggal 14 Mei 2022.

Awalnya tertarik ngikutin ESC 2022 karena Mahmood dan Blanco menjadi representatif Italia. Semua lagu dari representatif bagus-bagus juga! Well, aku ngga tau, ngga bisa nebak siapa yang bakal menang. Semua representatif punya keunikan dan keindahan lagu yang mereka bawakan. Sebelum nonton ESC 2022 nontonin ESC 2021 dulu kerasa hype penonton, vibe-nya performer dan luasnya venue yang ada di Rotterdam Ahoy, Belanda (padahal cuma virtual). "Zitti e buoni" Måneskin dan "Shum" Go_A yang jadi momentnya. Pas televoting publik ada yang dapet 0 poin (nil poin), wah, gimana kok bisa gini?

Di ESC 2022, aku ngerasa kurang luas venuenya dan kurang kerasa vibenya. Tapi aku menikmati semua performnya. Ketika juri nasional ngasih nilai voting dan keluar hasilnya, itu ngga terlalu ngaruh. Tapi pas televote dari publik, baru ngaruh banyak. Kejadian yang paling diinget pas Ukraina dapat 400an poin dan jadi peringkat pertama. United Kingdom dapat lonjakan poin yang banyak juga jika dilihat yang tahun 2021 kemarin menyedihkan.

Setelah acara ESC 2022, aku jadi sering muter playlist ESC 2022 ini. Banyak lagu yang jadi hits dan penyanyinya berkolaborasi. Akhirnya niat ngulik-ngulik lagu sekitar Romania berkat wrs dengan lagunya "Llámame". Aku masih belum paham genre musik atau jenis musik yang spesifik. Musik di Romania dan Maroko banyak yang aku suka, lagunya meski dengan bahasa yang ngga aku tau tapi masih bisa buat nemenin latihan yoga atau work out haha.

Segitu aja ingin kuberbagi cerita pas ada Sanremo 2022 dan Eurovision 2022. Mungkin lain kali mau review penyanyi dan lagu-lagunya yang baru-baru ini aku cari.

Grazie mille.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Release Radar Spotify 28 Apr 2024

  Music of English, Italian, Romanian, Spanish 1. Kriss Kross Amsterdam, INNA - Queen of My Castle 2. Baby K - Fino al Blackout 3. Tananai, ...