Sabtu, 31 Maret 2012

Istilah atau dan barang yang berhubungan dengan internet


*      Istilah atau dan barang yang berhubungan dengan internet


1.         Komputer  : serangkaian kebutuhan mutlak untuk membangun sebuah jaringan. Dalam sebuah jaringan minimal terdiri dari dua komputer. Komputer yang satu berfungsi sebagai server dan komputer yang lain berfungsi sebagai workstation. Komputer server adalah komputer yang melayani komputer yang lain. Komputer server mempunyai kemampuan yang lebih handal dibanding komputer workstation. Komputer workstation adalah komputer yang menerima layanan dari komputer server yang biasanya kualitas komputer workstation lebih rendah dari komputer server.

2.         Keyboard   : unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
3.         Internet      : sebuah jaringan computer yang sangat besar, yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang dioperasikan oleh berbagai perusahaan, lembaga atau komunitas dan komputer-komputer pribadi yang saling terhubung satu sama lain yang menjangkau seluruh dunia.
4.         CPU              : perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakanperintah dan data dariperangkat lunak
5.         Modem      : alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya
6.         Jaringan telepon     : salah satu sarat agar kita dapat mengakses internet. Jaringan telepon berfungsi untuk menghubungkan komputer kita dengan dunia luar. Selain jaringan telepon, kita juga bisa menggunakan frekuensi atau gelombang untuk menghubungkan komputer kita dengan dunia luar.
7.         Mouse        : salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface)
8.         Mozila firefox           : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet
9.         Opera          : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet
10.     Internet explorer   : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.
11.     Google chrome       : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet
12.     Netscape Navigator               : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.
13.     Web/ www (world wide web) : sebuah koleksi keterhubungan dokumen-dokumen yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protocol (HTTP/ HyperText Transfer Protocol)
14.     E-mail (electronic mail)         :  imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital , sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain
15.     Mailist (mailing list)                : Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. 
16.     FTP (file transfer protocol) : protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
17.     Browser      : peramban, penjelajah
18.     Network     : jaringan
19.     Newsgroup               : kelompok warta, kelompok diskusi
20.     Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.
21.     Search         : pencarian
22.     Website      : situs web / sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.
23.     Chat             : obrol, obrolan, rumpi / sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu)
24.     Chatting      : istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat
25.     Wireless     : nirkabel
26.     Download  : unduh, ambil data, muat turun / proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user
27.     Upload        : unggah, muat naik / proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
28.     Share / sharing        : berbagi
29.     Install           :  instalasi, pasang
30.     Online         : daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung
31.     Offline         :  luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus
32.     Bookmarks                :  tandai, beri marka
33.     History        : sejarah
34.     Login/ log on             : otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
35.     Logout / log off        : tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
36.     Link               : taut, kait, pautan, pranala
37.     Home          : beranda
38.     Lycos            : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari.http://www.lycos.com
39.     Preview      :  pratayang, pratonton, pratilik
40.     Connection               : sambungan
41.     Hacker         :seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.
42.     Homepage                : laman, halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.
43.     Username : nama pengguna
44.     interferensi               : gangguan signal (berkaitan dengan sinyal nirkabel)
45.     jaringan MAN           : jaringan komputer yang menghubungkan koputer satu dengan yang lainya yang luas area lebih besar dari LAN. Jaringan MAN menghubungkan komputer antar kantor atau antar lembaga dalam satu propinsi
46.     jaringan WAN           : jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainya yang luas areanya lebih besr dari MAN. Jaringan WAN menghubungkan komputer antar Negara atau benua.
47.     Register      : alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses
48.     Account      : akun
49.     Electronic Commerce            : istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
50.     Client           : sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
51.     Server         : peladen / sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin
52.     Router         : sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan. 
53.     User             : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
54.     ISP                                : lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
55.     Domain name          : adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
56.     Device         : perangkat
57.     Save             : simpan
58.     Keyword    : kata kunci
59.     TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) : Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. 
60.     Byte             : Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.
61.     Webmail - Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web. 
62.     Dial-Up        : jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telponHotspot
63.     Dial-Up Networking               : fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.
64.     ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)       : sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstreamberjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.
65.     HTML           : Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.
66.     Virus            : adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.
67.     VisualBasic : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.
68.     Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.
69.     Password   : kata sandi / kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
70.     Internet-TV               : adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.
71.     Web browser                           : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. 
72.     Update       : pemutakhiran, pembaruan
73.      Http://       : http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http
74.     Load             : muat
75.     Cyberspace               : dunia maya
76.     Database    :  pangkalan data, basis data
77.     Networking               : jejaring
78.      Intranet     : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
79.     WAP (Wireless Application Protocol)             : Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP.
80.     URI (Uniform Resource Identifier)  : sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.resource atau skema:alamat.resource. Misalnya, URIhttp://yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTPWalaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya. 


*      Perangkat keras (hardware) yang berhubungan dengan internet


1.         Komputer  : kebutuhan mutlak untuk membangun sebuah jaringan. Dalam sebuah jaringan minimal terdiri dari dua komputer. Komputer yang satu berfungsi sebagai server dan komputer yang lain berfungsi sebagai workstation. Komputer server adalah komputer yang melayani komputer yang lain. Komputer server mempunyai kemampuan yang lebih handal dibanding komputer workstation. Komputer workstation adalah komputer yang menerima layanan dari komputer server yang biasanya kualitas komputer workstation lebih rendah dari komputer server.
2.         Mouse        : salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface)
3.         CPU              : perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakanperintah dan data dariperangkat lunak
4.         Keyboard   : unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
5.         Modem      : alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya
6.         Jaringan telepon     : salah satu sarat agar kita dapat mengakses internet. Jaringan telepon berfungsi untuk menghubungkan komputer kita dengan dunia luar. Selain jaringan telepon, kita juga bisa menggunakan frekuensi atau gelombang untuk menghubungkan komputer kita dengan dunia luar.
7.         Router         : sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan. 
8.         Processor   : pengolah data,
9.         Monitor      : salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
10.     ISP (Internet Service Provider)         : lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
11.     HUB              :sebuah perangkat jaringan komputeryang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT / serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. HUB bekerja pada lapisan fisik pada model OSI.
12.     Motherboard (unit pemprosesan)  : Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
13.     NIC (Network Interface Card)           : NIC sering disebut LAN Card atau kartu jaringan. NIC biasanya dipasang pada slot motherboard pada komputer server maupun work station. NIC berfungsi sebagai protocol yang mengatur aktifitas komunikasi jaringan komputer.
14.     Client           : sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
81.     User             : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
15.     RAM (Random Access Memory) – Memory                : memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
16.     Mikropon dan Headphone : Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
17.     Touchpad   : Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
18.      Joystick      : Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
19.     Kartu grafis (unit keluaran) : Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
20.     Printer         : sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. 
21.     Kartu suara                : (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.
22.     Harddisk (HDD)        : Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis.
23.     Scanner      : sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
24.     Speaker      : transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput
25.     Power supplay         : Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
26.     Konektor RJ-45        : alat yang dipasang pada ujung kabel penghubung. Konetor RJ-45 biasanya ujung yang satu dipasang pada NIC dan ujung yang lain dipasang pada HUB.
27.     Light Pen    :  pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Release Radar Spotify 28 Apr 2024

  Music of English, Italian, Romanian, Spanish 1. Kriss Kross Amsterdam, INNA - Queen of My Castle 2. Baby K - Fino al Blackout 3. Tananai, ...